COVID019
Untuk informasi detail perkembangan dan kebijakan-kebijakan terkait dengan Covid-19 dapat diakses disini.
Anjuran Perjalanan pada Masa Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
Peningkatan Tindakan Pencegahan Terhadap Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
X

  • Berita & Event
  • Animo Tinggi di Hari Pertama Operasional Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta,  Sedikitnya 570 Calon Penumpang Jalani Vaksinasi

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Animo Tinggi di Hari Pertama Operasional Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta,  Sedikitnya 570 Calon Penumpang Jalani Vaksinasi

03 Jul 2021

Jakarta - Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini, 3 Juli 2021, mulai membuka Sentra Vaksinasi di Terminal 2 dan Terminal 3 bagi calon penumpang pesawat yang telah memiliki tiket penerbangan. 

Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta ini selain guna mendukung agar calon penumpang pesawat senantiasa memenuhi protokol kesehatan pada PPKM Darurat Jawa - Bali, juga untuk mendukung percepatan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah guna mewujudkan kekebalan komunal (herd immunity) di tengah pandemi ini. 

Seperti diketahui, pada PPKM Darurat Jawa - Bali diwajibkan penumpang pesawat yang menuju dan dari Jawa serta Bali untuk menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan surat hasil RT-PCR. 

Pada pelaksanaan hari pertama Sentra Vaksinasi Terminal 1 dan Terminal 2 di Bandara Soekarno-Hatta, animo calon penumpang pesawat cukup tinggi untuk melakukan vaksinasi di kedua lokasi vaksinasi tersebut. 

Total pada pelaksanaan hari pertama ini sedikitnya 570 orang yang menjalani vaksinasi di Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta.

“Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta yang didukung penuh Kementerian Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta hari ini resmi dibuka, dan ternyata keberadaan sentra vaksinasi ini mendapat respons positif dari calon penumpang pesawat. Kami berharap sentra vaksinasi ini juga dapat mendukung percepatan program vaksinasi nasional guna mewujudkan herd community di tengah pandemi,” ujar President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin. 

Muhammad Awaluddin menambahkan, “Pelaksanaan hari pertama Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta juga berjalan lancar, seluruh prosedur vaksinasi dijalani dengan baik oleh calon penerima vaksinasi yang juga calon penumpang pesawat, mulai dari registrasi, proses skrining, vaksinasi, hingga observasi setelah vaksinasi. Kami berkomitmen selalu menjaga kelancaran proses ini.”

Pada hari ini, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury dan President Director AP II Muhammad Awaluddin, meninjau pelaksanaan Sentra Vaksinasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

“Hari ini, kami melihat alur vaksinasi yang berada di Bandara. Setiap terminal di Bandara Soetta telah menyediakan sentra vaksinasi, termasuk juga pelabuhan seperti Ketapang dan Merak, sehingga seluruh masyarakat yang akan berpergian telah menjalankan vaksin minimal 1 (satu) dosis pertama,” ungkap Menko Luhut ketika memberikan penjelasan terkait sentra vaksinasi.

“Dengan kita vaksin sebanyak mungkin, ini akan menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi kenaikan kasus saat ini,” ujar Menko Luhut.

Menko Luhut juga mengingatkan selama PPKM Darurat ini kita harus lebih ketat menjaga protokol kesehatan dan mengurangi mobilisasi. 

Sentra Vaksinasi Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta dioperasikan di area seluas sekitar 300 meter persegi, terletak di area kedatangan 2E dan beroperasi pada pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Sementara itu Sentra Vaksinasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dioperasikan di area seluas sekitar 485 meter persegi, terletak di West Lobby Kedatangan Domestik dan beroperasi pada pukul 08.00 - 16.00 WIB.