Siaran Pers


Jakarta – Menjelang masa angkutan lebaran, Bandara Internasional Soekarno-Hatta meresmikan fasilitas terbaru di Terminal 1 yakni iMATE Lounge (i-Millennial Airport Travel Experience Lounge).

Peresmian iMATE Lounge dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin kemarin, Kamis (9/5/2019).

Seiring dengan itu, maka kini seluruh terminal di Soekarno-Hatta yaitu Terminal 1, 2, dan 3, sudah dilengkapi fasilitas iMATE Lounge. Pada peak season seperti masa angkutan Lebaran ini, keberadaan lounge tersebut dapat membantu berbagai kebutuhan informasi serta bisa menghibur traveler.

“Keberadaan iMATE Lounge di Soekarno-Hatta cukup penting melihat profil traveler di era digital saat ini yang mengandalkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih, sekitar 60-70% penumpang di Soekarno-Hatta adalah dari generasi milenial,” ujar Muhammad Awaluddin. 

“Melalui teknologi maka pelayanan kepada penumpang akan meningkat. Di era digital, penumpang butuh kecepatan dan kenyamanan, itu bisa didapat dari teknologi.”

Di iMATE Lounge, traveler dapat menikmati berbagai layanan berbasis digital seperti virtual assistant, digital wayfinding, informasi pariwisata, hingga melakukan reservasi perjalanan.

iMATE Lounge juga diperkuat personil robot bernama DILO untuk menghibur traveler dengan berbagai fitur multimedia. 

“Milenial travelers menjadi atensi khusus di AP II. Kami memiliki program milenial travel experience yang menjadi alasan hadirnya konsep iMATE Lounge. Bukan cuma gaya-gayaan menuju digital, tapi AP II adaptif terhadap pasar,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Adapun iMATE Lounge merupakan salah satu produk transformasi digital yang dijalankan AP II, setelah sebelumnya juga lahir Airport Operation Control Center (AOCC), aplikasi iMATE dan iPerform, serta wifi berkecepatan tinggi yang dikenal dengan Wishock. 

Selain itu, personil keamanan dan pelayanan di Soekarno-Hatta juga dilengkapi dengan gadget guna pelayanan yang lebih cepat dan optimal. Personil yang dilengkapi gadget ini dikenal dengan nama Digital Officer (with) Digital Device (DODD) yang apabila meminjam istilah Presiden Jokowi kita sebut juga dengan petugas Dilan (Digital Melayani).

"AP II sudah jadi trendsetter untuk pelayanan berbasis digital di airport," ujar Muhammad Awaluddin.