Berita


Palapanews.com- Meski sedang berlangsung demo besar-besaran di Istana Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) malah menyambangi Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (4/11/2016). Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ingin memastikan proyek kereta bandara selesai tepat waktu yakni Juli 2017.

“Laporan yang  diterima pada proyek tersebut semua berjalan lancar, hanya ada sedikit persoalan yakni tentang pembebasan lahan,” ujar Jokowi kepada wartawan, Jumat (4/11/2016).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, proses perkembangan proyek ini sudah sesuai dengan apa yang diperintahkan. Permasalahannya yaitu hanya tinggal 800 meter lagi lahan yang belum dibebaskan terkait pembangunan jalur kereta tersebut.

“Sudah semuanya, yang belum rampung yang ada di dekat sini saja. Itu pun rampung Desember,” ucapnya.

Jokowi menjelaskan proyek ini dibuat agar mampu mengurangi kemacetan. Karena nantinya kereta ini akan menyambung dengan Automated People Mover System (APMS) atau kereta tanpa awak yang akan mengitari seluruh terminal yang ada di Bandara Soetta termasuk pusat bisnis serta perkantoran.

“Jadi nanti akan tersambung ke Terminal 1, 2, dan 3 melalui people mover,” kata Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi datang secara mendadak untuk mengetahui perkembangan proyek tersebut. Ia tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, sekitar pukul 12.30 WIB.

Jokowi yang khas dengan kemeja putih lengan panjangnya itu langsung berjalan kaki menuruni tangga dan menyusuri Terminal 3 Ultimate yang bakal menjadi lokasi pembangunan stasiun kereta bandara. Selama kurang lebih 30 menit, Jokowi mengamati setiap bagian pekerjaan untuk memastikan perkembangan proyek berjalan sesuai rencana. (uad)