PKBL

A. Kebijakan

Program Kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Angkasa Pura II.

Program Bina Lingkungan adalah program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat di sekitar wilayah operasi Angkasa Pura II melalui pemanfaatan dana dari bagian laba Perusahaan dan bersifat hibah. Program ini ditujukan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi Angkasa Pura II.

Tujuan pelaksanaan program adalah membangun hubungan harmonis dengan masyarakat, sekaligus memberi kontribusi nyata untuk lingkungan masyarakat yang sejahtera. Pelaksanaan program mengacu pada Surat Keputusan Menteri Negara BUMN Nomor : PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

B. Jenis Program

1. Program Kemitraan

Sasaran dari pelaksanaan program ini adalah para pelaku UKM. Adapun sektor kegiatan usaha mereka meliputi industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa dan sektor lainnya.

Pada tahun 2012, Angkasa Pura II telah menyelenggarakan pelatihan yang berlangsung di seluruh Indonesia yang diikuti calon mitra binaan maupun mitra binaan dan telah menyelenggarakan promosi/pameran dalam bentuk mengikut sertakan dalam acara-acara pameran yang diselenggarakan di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu juga, telah disalurkan pinjaman bergulir untuk para pelaku UKM yang menjadi mitra binaan sebesar Rp67.742.500.000,00 dengan jumlah mitra binaan sebanyak 6.468 unit usaha.

Kami menindaklanjuti penyaluran pinjaman bergulir dengan melakukan pemantauan (monitoring) atas penggunaan, pengelolaan maupun tingkat pengembaliannya agar seluruh mitra binaan agar berusaha dengan sungguh-sungguh dan mengembalikan dana pinjaman tepat waktu. Beberapa contoh kegiatan pelatihan yang diselenggarakan tahun 2012 adalah:

  1. Pelatihan Mitra Binaan dengan tema “Meningkatkan Kinerja Mitra Binaan Angkasa Pura II” di Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara tanggal 28-29 Juni 2012 yang diikuti oleh 34 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Husein Sastranegara.
  2. Pelatihan Mitra Binaan dengan tema “Bagaimana Menjadi Pengusaha Yang Sukses Dunia Akhirat “dikantor Cabang Bandara Internasional Minangkabau tanggal 05 Juli 2012 yang diikuti oleh 52 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Internasional Minangkabau.
  3. Pelatihan Mitra Binaan dengan tema “Menjadi Pengusaha Sukses Dunia & Akhirat” di Kantor Cabang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II tanggal 22 September 2012 yang diikuti oleh 58 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Sultan Mahmud Badaruddin II.
  4. Pelatihan ESQ Basic Training BUMN di Jakarta International EXPO Kemayoran tanggal 11 Oktober 2012 yang diikuti oleh 93 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Utama Soekarno-Hatta dan Kantor Cabang Halim Perdanakusuma.
  5. Pelatihan Mitra Binaan dengan tema “Melalui Nilai-nilai Pribadi Luhur Agar Sukses Dunia Akhirat” di Hotel Serena Bandung tanggal 22-23 Oktober 2012 yang diikuti oleh 30 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Husein Sastranegara.
  6. Pelatihan Mitra Binaan dengan tema “Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pengusaha Kecil Sukses Mitra Binaan Angkasa Pura II” di Hotel Novotel tanggal 23 Oktober 2012 diikuti oleh 65 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Depati Amir.
  7. Pelatihan Mitra Binaan Program Kemitraan Tahun 2012 di Hotel Aston Tanjungpinang tanggal 5 November 2012 yg diikuti oleh 34 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Raja Haji Fisabilillah.
  8. Pelatihan Mitra Binaan dengan tema “Diklat Manajemen Usaha Mitra Binaan Angkasa Pura II” di Wisma Hijrah Aceh tanggal 07-08 November 2012 diikuti oleh 50 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Sultan Iskandar Muda.
  9. Pelatihan Mitra Binaan dengan tema “Pelatihan Manajemen Usaha Kecil” di Aula BKKBN Pontianak tanggal 27 Desember 2012 yang diikuti oleh 20 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Supadio.
  10. Pelatihan Mitra Binaan dengan tema “Pelatihan Mitra Binaan Tahun 2012 PT Angkasa Pura II” di Kampus LPP Perkebunan Medan tanggal 19-20 Desember 2012 yang diikuti oleh 25 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Polonia.
  11. Pelatihan Mitra Binaan dengan tema “Pengembangan Spirit Wirausaha” di Hotel Dyan Graha Pekanbaru tanggal 26-27 Desember 2012 yang diikuti oleh 50 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Sultan Syarif Kasim II.
  12. Pelatihan Mitra Binaan dengan tema “ Pelatihan Administrasi Dasar dan Motivasi Mitra Binaan” di Hotel Grand Pasifik Bandung tanggal 20-21 Desember 2012 yang diikuti oleh Mitra Binaan dari Kantor Cabang Husein Satranegara.

Beberapa contoh kegiatan promosi/pameran yang diselenggarakan tahun 2012 adalah:

  1. Pameran INACRAFT yang diselenggarakan dari tanggal 25-29 April 2012 bertempat di JCC yang diikuti oleh 8 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Halim Perdanakusuma Jakarta, Kantor Cabang Husein Sastranegara Bandung, Kantor Cabang Polonia Medan, Kantor Cabang Supadio Pontianak, Kantor Cabang Sultan Thaha Jambi, Kantor Cabang Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, dan Kantor Cabang Utama Soekarno-Hatta.
  2. Pameran Indonesia Fashion & Craft yang diselenggarakan dari tanggal 08-12 Agustus 2012 bertempat di JCC yang diikuti oleh 10 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Utama Soekarno-Hatta, Kantor Cabang Halim Perdanakusuma, dan Kantor Cabang Husein Sastranegara.
  3. Pameran Bandung Air Show 2012 yang diselenggarakan dari tanggal 27-30 September 2012 bertempat di Bandara Husein Sastranegara yang diikuti oleh 4 Mitra.
  4. Pameran Index Dubai yang diselenggarakan dari tanggal 24-27 September 2012 bertempat di Dubai Uni Emirat Arab yang diikuti oleh 1 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Utama Soekarno- Hatta.
  5. Pameran Banten Expo yang diselenggarakan dari tanggal 25-30 September 2012 bertempat Serang yang diikuti oleh 1 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Utama Soekarno-Hatta.
  6. Pameran Gebyar Potensi Unggulan dan Wisata Banten yang diselenggarakan dari tanggal 11-14 Oktober 2012 bertempat di Summarecon Mall Serpong yang diikuti oleh 2 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Utama Soekarno-Hatta.
  7. Pameran Expo Pangan Kuliner Nusantara yang diselenggarakan dari tanggal 27 s.d 30 November 2012 bertempat di Hotel Tiara Convention Medan yang diikuti oleh 1 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Polonia.
  8. Pameran Intrade Malaysia yang diselenggarakan dari tanggal 27-29 November 2012 bertempat di Menara MATRADE Kuala Lumpur Malaysia yang diikuti oleh 2 Mitra Binaan dari Kantor Cabang Husein Sastranegara dan Kantor Cabang Halim Perdanakusuma.

2. Program Bina Lingkungan

Program Bina Lingkungan adalah program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat di sekitar wilayah operasi Angkasa Pura II melalui pemanfaatan dana dari bagian laba Perusahaan dan bersifat hibah.

Cakupan kegiatan Program Bina Lingkungan meliputi pemberian bantuan untuk Bencana Alam, Pendidikan dan/atau Pelatihan, Peningkatan Kesehatan, Sarana dan Prasarana Umum, sarana ibadah, pelestarian alam, bantuan sosial kemasyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan dan bantuan pendidikan, pelatihan, pemagangan, pemasaran, promosi serta bentuk lain yang terkait dengan upaya peningkatan kapasitas mitra binaan program kemitraan.

Disamping program-program tersebut terdapat program bantuan yang pelaksanaannya didasarkan pada intruksi Kementrian BUMN yang dinamakan BUMN Peduli. Bantuan Bina Lingkungan telah memberikan kontibusi besar bagi peningkatan kehidupan masyarakat serta kemajuan dalam bidang pendidikan, bidang kesehatan, keagamaan, prasarana umum, pelestarian alam dan bantuan bencana alam.

Berdasarkan Surat Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor: S-790/MBU/2009 Tanggal 19 Oktober 2009, Angkasa Pura II ditugaskan melaksanakan Program BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan. Dana Program BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan disalurkan kepada 27 Perguruan Tinggi Negeri secara bertahap.

Pada tahun 2012 Dana Program Bina Lingkungan yang telah disalurkan sebesar Rp8.027.778.989,- untuk BUMN Peduli telah disalurkan sebesar Rp23.829.431.066,00 dan untuk BUMN Peduli Beasiswa telah sebesar Rp54.252.812.440,00