Siaran Pers


TANGERANG – PT Angkasa Pura II (Persero) telah melayani 2,1 juta penumpang hingga H-2 angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sekitar 7,5% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 1,88 juta penumpang. 

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menuturkan, sepanjang angkutan natal dan tahun baru kali ini, lonjakan penumpang terjadi pada H-3 atau 22 Desember 2017 sebanyak 371.047 penumpang. Adanya peningkatan jumlah penumpang yang terjadi di 13 cabang, didukung oleh adanya extra flight atau tambahan penerbangan yang diajukan oleh maskapai. 

“Tahun ini, ada sekitar 1.158 tambahan penerbangan yang terdiri dari 1.134 penerbangan domestik dan 24 penerbangan internasional. Dengan pengajuan terbesar departure (keberangkatan) dan arrival (tiba) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” terang Awal. Penerbangan tambahan juga terdapat di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma sebanyak 6 kali pp, Bandara Depati Amir Psngkal Pinang sebanyak 3 kali pp, Bandara Internasional Minangkabau 1 kali pp rute internasional, Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang 1 kali pp, Bandara Internasional Supadio Pontianak 4 kali pp.

Sementara itu, pergerakan pesawat mengalami peningkatan sekitar 8% dibandingkan tahun lalu yakni dari 12.750 pergerakan pesawat menjadi 13.783, sedangkan untuk extra flight mengalami kenaikan sekitar 25% dari 213 penerbangan di tahun lalu menjadi 289 penerbangan. Meskipun peningkatan yang cukup signifikan, tambah Awal, ketepatan waktu penerbangan (on time performance) selama masa angkutan natal dan tahun baru kali ini, hingga H-2 sudah mencapai 97,24%.

Adapun Top 5 Destination dalam Angkutan Natal dan Tahun Baru 2017 untuk domestik adalah Kualanamu, Makasar, Denpasar, Surabaya dan Yogyakarta, dan untuk destinasi internasional adalah Singapura, Kuala Lumpur, Incheon, Hongkong dan juga Bangkok. Untuk 3 Bandara yang mempunyai pertumbuhan terbesar dalam Angkutan Natal dan Tahun Baru 2017 ini adalah Bandara Silangit sebesar 66,5%, Tanjung Pinang sebesar 53,9% dan juga Bandara Pontianak sebesar 22,6%.

Untuk mengakomodir informasi penerbangan selama angkutan natal dan tahun baru, Angkasa Pura II menyediakan tiga posko di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yakni di Terminal 1B, Terminal 2F serta Terminal 3. Adanya posko-posko ini diharapkan dapat merespon secara cepat berbagai bantuan yang dibutuhkan pesawat atau stakeholder lainnya. Posko-posko ini dilengkapi dengan data traffic pergerakan penumpang di bandara, data extra flight, televisi untuk monitoring CCTV, serta untuk Video Conference yang digunakan untuk koordinasi bersama 12 bandara lain. 

Apabila penumpang pesawat membutuhkan bantuan termasuk di periode sibuk ini, dapat menemui customer service di terminal atau dapat menyampaikan melalui media sosial di akun twitter @contactap2, facebook di AP II Contact Center, email di contact.center@angkasapura2.co.id dan contact center di 138. Angkasa Pura II mengimbau kepada penumpang pesawat agar tiba lebih awal di bandara guna menghindari kepadatan akses menuju bandara sehingga proses keberangkatan dapat berjalan lancar.