Siaran Pers

Angkasa Pura II Evakuasi Pesawat MH 725 dari Runway Utara

Corporate Secretary    16 Jun 2017


PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan bahwa telah diterbitkan Notice to Airmen atau NOTAM oleh Kantor NOTAM yang menyatakan bahwa runway utara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini tidak dapat  dioperasikan atau ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut menyusul sebagian area terhalang oleh pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH725 rute Kuala Lumpur - Jakarta.

Dapat disampaikan bahwa pesawat MH 725 mengalami pecah ban setelah mendarat dan tengah menuju apron di mana penyebab pecah ban akan dapat diketahui setelah dilakukan investigasi oleh pihak berwenang.

Saat ini proses evakuasi pesawat Boeing 737-800 Next Generation tersebut tengah dilakukan oleh unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadan Kebakaran (PKP-PK) Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Adapun sebanyak 60 penumpang telah turun dari pesawat dan dengan bus menuju Terminal 2D kedatangan.

Seperti diketahui bahwa Bandara Internasional Soekarno-Hatta beroperasi dengan dua runway, oleh sebab itu selama runway utara ditutup maka take off dan landing pesawat dilakukan melalui runway selatan. Penutupan runway utara selama kurang lebih 1 jam ini diharapkan tidak terlalu mengganggu operasional penerbangan secara keseluruhan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.