Berita

20 Dec 2016

Menyambut perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 (Nataru), Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) mulai dihiasi ornamen-ornamen khas peringatan Natal. 

20 Dec 2016

Pontianak  (Antara Kalbar) - Personel keamanan PT Angkasa Pura II Persero Kantor Cabang Bandara Supadio Pontianak menggagalkan penyelundupan narkotika dan bahan berbahaya (narkoba) jenis methamphetamine atau sabu-sabu sebanyak lima kilogram. "Penggagalan ini dilakukan petugas kita pada hari Minggu lalu (18/12), dimana petugas kita mencurigai adanya paket yang dibawa penumpang," kata General Manager PT Angkasa Pura II Persero Kantor Cabang Bandara Supadio Pontianak Bayuh Iswantoro di Pontianak, Selasa. Sebelum memberikan keterangan kepada wartawan, pihaknya melakukan koordinasi dulu dengan pihak berwajib, untuk mengetahui pasti isi paket tersebut, yang kemudian diketahui adalah narkoba jenis methamphetamine dan sabu-sabu dengan berat lima kg. Dia menjelaskan dugaan narkotika berawal dari dilakukannya random check di security check point 1 oleh petugas aviation security Bandara Supadio. Petugas yang menaruh curiga terhadap isi paket tersebut segera melakukan manual check. Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, petugas menemukan narkotika jenis Methamphetamine atau sabu-sabu sebanyak 50 paket yang dikemas ke dalam kantong klep transparan dan diperkirakan sebesar 100 gram tiap kantongnya. Diketahui penumpang tersebut berasal dari Pontianak dan akan terbang menuju Surabaya. "Petugas Avsec yang bertugas saat itu telah melakukan koordinasi serta menyerahkan calon penumpang beserta barang yang dicurigai ke pihak yang berwajib" tuturnya. Sebelumnya, kata dia, petugasnya juga menggagalkan penyelundupan dua kg sabu-sabu dan 15.000 butir ekstasi yang dibawa penumpang tujuan Banjarmasin pada Kamis (8/12). Kasus itu sudah dilimpahkan kepada pihak kepolisian. "Dengan demikian, pada bulan Desember ini, sudah terjadi dua kali upaya penyelundupan dan sudah kita gagalkan. Boleh dikatakan ini merupakan penyelundupan yang boleh dibilang nekat dan dilakukan oleh penumpang, karena sangat berani menyelundupkan melalui bandara," katanya. Bayuh menambahkan PT Angkasa Pura II (Persero) berkomitmen dalam memerangi peredaran narkoba dengan memaksimalkan pengawasan melalui personil aviation security serta dukungan dari pihak-pihak terkait.  

19 Dec 2016

TANJUNG PINANG, KOMPAS.com - Perusahaan penerbangan Citilink Indonesia kembali menunjukkan komitmennya mendukung percepatan pariwisata di Indonesia melalui pembukaan rute penerbangan langsung China-Tanjung Pinang (pp). "Penerbangan ini kita buka sebagai bentuk dukungan Citilink Indonesia terhadap program Nawacita yang menempatkan pariwisata sebagai sektor unggulan yang harus terus didorong pertumbuhannya," kata President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan di acara konferensi pers penyambutan penerbangan perdana China-Tanjung Pinang di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Sabtu (17/12/201).

14 Dec 2016

Jakarta, Airmagz.com – PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) sudah menyiapkan kebutuhan jelang lonjakan penumpang pada akhir tahun atau liburan natal dan tahun baru 2017 mendatang. Berbagai persiapan sudah dilakukan mulai dari kesiapan bandara dan fasilitas lainnya.

14 Dec 2016

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang, Aceh Besar, dinobatkan sebagai World’s Best Airport for Halal Travellers dalam World Halal Tourism Awards 2016.

13 Dec 2016

RMOLJabar. PT Angkasa Pura II (Persero) siap melayani penumpang pesawat di seluruh bandara yang dikelola perusahaan pada masa angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Selaku operator bandara, AP II secara intensif dan berkelanjutan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya di bandara seperti maskapai, Bea dan Cukai, Imigrasi, TNI dan Polri, Karantina, serta Otoritas Bandara selaku regulator guna memastikan kelancaran operasional bandara dan penerbangan termasuk saat masa angkutan Natal dan Tahun Baru. President Direktur PT AP II (Persero) Muhammad Awaluddin memaparkan, pada Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, sejumlah bandara di lingkungan AP II sudah beroperasi seperti Terminal 3 Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Terminal Baru Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, dan juga Terminal Baru Bandara Sultan Thaha Jambi yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI. "Kami meyakini terminal-terminal baru ini akan berdampak positif dalam meningkatkan pelayanan khususnya dalam hal kapasitas daya tampung penumpang pada masa peak season seperti di akhir tahun," katanya. Menurutnya, penumpang pesawat sekarang juga dapat mengakses secara mudah berbagai informasi penerbangan, tenant komersial di terminal, dan informasi-informasi penting lainnya terkait seluruh bandara di bawah AP II dengan mengunduh aplikasi Indonesia Airports melalui Google Playstore.  "Aplikasi ini adalah layanan terbaru kami guna meningkatkan pelayanan sekaligus bagian dari kampanye Smart Airport. Bagi penumpang yang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta kini juga dapat menikmati layanan konektivitas WiFi super cepat hingga 50 Mbps," jelas Awaluddin melalui siaran pers kepada Kantor Berita Politik RMOL. Adapun pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru atau dari 22 Desember 2016 hingga 4 Januari 2017 diperkirakan pergerakan penumpang di 13 bandara di lingkungan AP II mencapai 4,18 juta penumpang atau meningkat sekitar sembilan persen dibandingkan dengan rata-rata pergerakan di hari normal. Sedangkan, pergerakan pesawat diperkirakan naik 4,54 persen atau dari 28.220 pergerakan menjadi 29.502 pergerakan. Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, pergerakan penumpang diperkirakan mencapai 2,64 juta penumpang dengan pergerakan pesawat sebanyak 17.530 pergerakan. Arus puncak sendiri diperkirakan pada 23 Desember 2016 sementara arus balik bertepatan pada Tahun Baru 1 Januari 2017.  AP II mengimbau kepada para penumpang pesawat agar tiba lebih awal di bandara baik penerbangan domestik maupun internasional guna menghindari kepadatan di akses menuju bandara.[jar/rmol.co]

13 Dec 2016

JAKARTA (Pos Kota) – Guna menjamin kelancaran bantuan kargo udara bagi korban gempa di Pidie PT Angkasa Pura II (Persero) menyiagakan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh selama 24 jam.

07 Dec 2016

Pada hari ini Rabu 7 Desember 2016 sekaligus bertepatan dengan Rapat Kerja tahun 2016 Jasa Raharja,  Angkasa Pura II bersama dengan Angkasa Pura I, Telkom Indonesia, Pos Indonesia dan Jasa Raharja menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam upaya sharing data penumpang yang melakukan perjalanan dengan pesawat udara.

07 Dec 2016

DIREKTUR Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin (kedua dari kiri) dan Ketua Association of Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) Jakarta Chapter Hasiyanna S Ashadi (ketiga dari kiri) menandatangani naskah kerja sama untuk mempromosikan pariwisata Indonesia disaksikan Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Ketua Asita Asnawi Bahar di Jakarta, kemarin.