Bisnis Kami

Saat ini, perspektif atas Bandar Udara telah mengalami perkembangan menjadi lebih luas dan strategis. Bila pada mulanya Bandar Udara hanya sebagai pusat perpindahan moda transportasi dari darat ke udara atau sebaliknya, maka saat ini Bandar Udara sudah menjadi pusat kegiatan ekonomi. Semakin banyak kegiatan ekonomi dan industri yang bertumpu pada kegiatan Bandar Udara, yang biasanya bersifat lintas negara dengan produk produk bernilai tinggi, ringan dan sebagian perishable. Bandar Udara saat ini bukan sekedar pintu gerbang tempat embarkasi dan debarkasi penumpang saja tetapi juga memiliki peranan sebagai:

  • Wahana untuk fasilitasi kegiatan perdagangan, khususnya dalam perdagangan internasional
  • Alat untuk meningkatkan daya tarik investasi industri dan kegiatan bisnis, dengan keunggulan kecepatannya dan sistem logistik yang efektif dan efisien
  • Pusat kegiatan ekonomi dan industri dan
  • Motor penggerak bagi pembangunan ekonomi wilayah di sekitar Bandar Udara
Peran Bandara tersebut sudah semakin terlihat di negara maju. Pada sebagian besar Bandar Udara di negara maju saat ini telah terlihat adanya trend modernisasi, pengembangan dan penambahan fasilitas baik untuk Terminal penumpang maupun Terminal Kargo.

Rencana Pengembangan Kargo

Bandara :


Semakin meningkatnya pertumbuhan kargo udara saat ini mengakibatkan timbulnya tuntutan pengelolaan Warehouse Operator dalam hal pemenuhan sarana, prasarana dan sistem pelayanan kargo yang memadai di kawasan pergudangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (BSH), maka kedepannya akan dilakukan pengembangan dengan pembangunan Terminal Kargo baru menjadi cargo village.

Rencana pembangunan cargo village seluas ± 300.000 m² dan dapat menampung kapasitas kargo sampai dengan 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu) ton per tahunnyaserta memiliki fasilitas utama seperti Dedicated Appon, Integrated Cargo Terminal & ICT System, dan Automated Cargo Handling Terminal System.


Peluang Usaha

Bandara :


Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini memiliki mitra usaha sebagai berikut :

1) Warehouse operator sebanyak 9 mitra Usaha
2) Regulated Agent sebanyak 9 mitra usaha
3) Jasa porter sebanyak 5 mitra usaha
4) Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan sebanyak 17 mitra usaha
5) Jasa Pengurusan Transportasi sebanyak 84 mitra usaha
6) Perbankan sebanyak 5 mitra usaha
7) Restoran/kantin sebanyak 19 mitra usaha
8) Usaha lainnya sebanyak 6 mitra usaha

Peluang usaha di Terminal Kargo masih terbuka luas untuk para usahawan yang menginginkan berusaha di area kargo baik yang berhubungan dengan jasa kargo ataupun pendukung lainnya, untuk dapat memudahkan para calon mitra yang berminat berusaha di area Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat menghubungi di nomor : (021) 5505176.

Berikut gambar grid map area kargo Bandara Soekarno Hatta :